Logo

Nilwan Yahya: Merangin Sudah Siap 100 Persen

Dipublikasikan oleh admin - 28 April 2023 - 1596 Dilihat
Berita IMG

·     Melaksanakan Kenduri Swarna Bumi 2023

 

Bangko-Kabupaten Merangin sudah siap 100 persen, melaksanakan Kenduri Swarna Bumi 2023, yang akan dipusatkan di Kecamatan Pangkalan Jambu pada akhir Juni 2023 mendatang.

 

Hal tersebut sebagaimana ditegaskan Wabup Merangin Nilwan Yahya, usai memimpin jalannya rapat koordinasi persiapan hajatan akbar itu, di ruang tengah rumah dinas wabup Merangin, Jumat sore (28/4).

 

‘’Panitia sudah kami bentuk dan apa-apa saja seni budaya dan tradisi nenek moyang kita yang akan ditampilkan sudah siap. Begitu juga dengan keanekaragaman kulinernya,’’ujar Wabup dibenarkan GM Geopark Merangin Agus Zainuddin.

 

Dipaparkan wabup, berdasarkan hasil rapat yang sudah dilakukan, event Kenduri Swarna Bumi 2023 di Kabupaten Merangin, diprediksikan akan berlangsung meriah dan spektakuler.

 

Seluruh tokoh adat, tokoh masyarakat, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), organisasi kepemudaan sampai para santri jelas wabup, sudah berkomitmen untuk menyukseskan acara tersebut.

 

Kenduri Swarna Bumi 2023 terang wabup, merupakan upaya menggali peradaban seni budaya dan adat istiadat serta kebiasaan nenek moyang dari 24 kecamatan dalam Kabupaten Merangin.

 

Setiap kecamatan terang wabup, akan menampilkan tradisi dan budaya yang berbeda-beda yang dilakukan para nenek moyang terdahulu. Di Kecamatan Tabir Barat ada budaya Empat Ganjil Lima Genap.

 

Di Kecamatan Tabir ada tradisi berbantai hewan ternak setiap akan menghadapi bulan Puasa Ramadhan. Di Kecaamatan Pamenang ada tradisi masyarakat sampai hari ini, masih menggunakan perahu sampan sebagai sarana transportasi pergi ke ladang.

 

Sedangkan di Kecamatan Renah Pembarap, ada tradisi berbantai makan jantung sapi atau kerbau pada  hari kedua Lebaran Idul Fitri dan kecamatan-kecamatan lainnya dengan tradisi adat yang  berbeda-beda lagi. (teguh/kominfo)

Share: