Logo

Resepsi Rifaldi-Marisya Diwarnai Prosesi Adat ‘Ulo Anta’

Dipublikasikan oleh admin - 02 June 2024 - 1562 Dilihat
Berita IMG

· Berlangsung Meriah, Dihadiri 5.500 Undangan

 

Bangko-Resepsi pesta Pernikahan Muhammad Rifaldi, S.Tr.AP dengan Marisya Putri, S.M yang berlangsung meriah di Gedung Serba Guna Kabupaten Merangin, diwarnai prosesi adat ‘Ulo Anta’, Minggu (02/6).

 

Prosesi adat di mulai dari rumah orang tua Rifaldi, di Lorong Kurnia Pematang Kandis Bangko. Sang istri (Marisya) menjemput mempelai laki-laki (Rifldi) yang diawali dengan prosesi ‘Kato Bejawab’ di rumah laki-laki.

 

Sebelum masuk ke rumah mempelai perempuan (Lokasi perta Gedung Serba Guna) dalam perjalanan pihak suami melakukan arak-arakan dan kompangan. Tiba di depan rumah mempelai perempuan, pihak istri menampilkan Silat Tradisional dan Tari Persembahan, dilanjutkan dengan ‘Kato Bejawab’.

 

‘’Pihak Ninek Mamak atau keluarga besar dari kedua mempelai kemudian secara resmi melakukan serah terima pengantin,’’ujar H Mukti, selaku ketua panitia pelaksana pesta di sela-sela acara.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi ‘Tunjuk Ajar’ atau nasihat pernikahan. Selanjutnya petinggi adat secara umum menyampaikan, bahwa hari tersebut telah resmi dilakukan serah terima mempelai laki-laki.

 

Acara prosesi adat itu diakhiri dengan makan ‘Nasi Ibad’ bersama secara lesehan dan ditutup dengan doa selamat bersama. Semua yang hadir pada acara prosesi adat itu, menggunakan baju adat Jambi.

 

‘’Prosesi adat ‘Ulo Anta’ ini merupakan salah satu upaya memelihara budaya lokal, agar tidak tergerus pengaruh negatif perkembangan zaman dan tekhnologi,’’terang H Mukti yang juga Penjabat Bupati Merangin.

 

Momen ‘Ulo Anta’ ini berlangsung meriah dilanjutkan dengan resepsi pesta pernikahan yang menghadirkan hiburan musik dan menyajikan berbagai aneka makanan ringan maupun jamuan makan siang, dihadiri sekitar 5.500 Undangan.

 

Muhammad Rifaldi, S.Tr.AP merupakan putra kedua dari pasangan yang berbahagia Dr H Al Haris, S.Sos, M.H (Gubernur Jambi) dan Hj Hesnidar, S.E (Ketua TP PKK Provinsi Jambi). Sedangkan Marisya Putri, S.M merupakan buah hati puri pertama dari pasangan yang berbahagia H Ahmad Syafrudin (Alm) dengan Hj Hairina.

 

Tampak hadir pada pesta tersebut, diantaranya Wakil Gubernur Jambi H Abdullah Sani, Anggota DPR RI H Hasan Basri Agus dan para tamu undangan penting lainnya yang tidak mungkin disebut satu persatu.(teguh/kominfo)

Share: