Logo

Pj Bupati Buka Rakor Monev Kinerja TPPS 2024

Dipublikasikan oleh admin - 16 May 2024 - 2652 Dilihat
Berita IMG

· Sekaligus Pelaksanaan Inovasi Kristal Penurunan Stunting di Tabir

 

 

Bangko-Penjabat (Pj) Bupati Merangin H Mukti membuka rakor monitoring dan evaluasi (Monev) kinerja Tim Percepatan Penurunan Stuntung (TPPS) Kabupaten Merangin 2024, di Aula Kantor Camat Tabir, Kamis (16/5).

 

Pada rapat tersebut, Pj bupati sekaligus mengevaluasi pelaksanaan inovasi Kristal sebagai upaya ampuh dalam percepatan penurunan Stunting di Kecamatan Tabir dan sekitarnya.

 

‘’Tujuan utama dibentuknya TPPS Kabupaten Merangin ini untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan berbagai upaya penurunan Stunting di Kabupaten Merangin secara efektif dan efesien,’’ujar Pj Bupati.

 

Stunting lanjut H Mukti, tidak hanya mengenai petumbuhan anak yang terhambat, tapi juga berkaitan dengan perkembangan otak yang kurang maksimal. Hal ini mengakibatkan kemampuan mental dan belajar anak di bawah rata-rata, bisa berakibat prestasi belajar yang buruk.

 

‘’Kunci dari pencegahan Stunting ini adalah pada seribu Hari Pertama Kehidupan (HPK), sehingga perhatian kepada ibu hamil, serta balita di bawah umur dua tahun (Baduta) perlu menjadi perhatian serius,’’pinta H Mukti.

 

Selain itu Pj bupati juga minta intervensi terhadap remaja putri dan calon pengantin terus ditingkatkan, sehingga kedepannya mampu menciptakan generasi yang cerdas, sehat dan berprestasi.

 

‘’Mari kita secara bersama-sama mencari upaya-upaya dalam mencapai target prevalent Stunting ini, jangan sampai angka Stunting Kabupaten Merangin bisa naik lagi,’’pinta Pj Bupati lagi.

 

Sedangkan terkait inovasi Kristal H Mukti menyebutkan, warga miskin tertinggi di Kabupaten Merangin saat ini berada di Desa Dusun Baru Kecamatan Tabir. Untuk itu peningkatan ekonomi masyarkat harus menjadi perhatian serius.

 

Terkiat dengan pengendalian inflasi H Mukti minta kepada seluruh lapisan masyarakat, agar mampu secara bersama-sama meningkatkan perekonomian masyarakat dengan tekun dan rajin menggarap lahan pertanian dan sektor lainnya.

 

Diakhir sambutannya, H Mukti mengajak seluruh peserta rakor Munev agar dapat mengikuti rakor tersebut sampai selesai dengan sunguh-sungguh. Gali terus berbagai inovasi untuk percepatan penurunan Stunting tersebut.

 

Tampak hadir pada rakor Monev itu, Kadis PPKB H Abdaie, Kadis Perikanan Irsadi, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Slamet Sudarsono, Sekdin Kesehatan Mas’ud, Kabid LKI Kominfo, perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah lainnya.

 

Hadir juga Camat Tabir Samsil Zaini, Hj Hasbiyah dari TP PKK Kabupaten Merangin, Ny Zainun dari TP PKK Kecamatan Tabir, Kapus Rantau Panjang dr Ayu Hastuti, para Kades/lurah se-Kecamatan Tabir serta para Kader KB se-Kecamatan Tabir. (teguh/kominfo)

Share: