Logo

Grebek UMKM Ramadhan 1445 H Merangin Dapat Respon Luar Biasa dari Masyarakat

Dipublikasikan oleh admin - 22 March 2024 - 1713 Dilihat
Berita IMG

Bangko-Kegiatan Grebek UMKM Ramadhan 1445 H Merangin, mendapat respon luar biasa dari masyarakat. Kegiatan yang berlangsung selama tujuh hari dari 18 - 24 Maret 2024 tersebut, dirasakan benar-benar sangat membantu masyarakat.

 

Hampir setiap harinya kegiatan yang dilaksanakan, selalu mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat Kabupaten Merangin. Apalagi kegiatan itu tidak hanya dilakukan di satu titik, tapi menyebar ke berbagai penjuru Kota Bangko.

 

‘’Dalam kondisi ekonomi yang serba sulit ini, terlebih bulan puasa kegiatan Grebek UMKM Ramadhan itu sangat membantu kami,’’ ujar Jaenab, ibu beranak satu yang sudah dua tahun ditinggal meninggal suaminya.

 

Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin (18/3) Lounching Kegiatan Grebek UMKM Ramadhan 1445 H, yang dibuka Pj Bupati Merangin H Multi, dihadiri Assisten I Setda Merangin, Ketua TP PKK Merangin Dr Hj Indria Mayesti Mukti dan diikuti Organisasi Wanita/Komunitas yang tergabung dalam tim Grebek UMKM Ramadhan 1445 H. 

 

Pada Selasa (19/3) dilakukan Pembagian Takjil dan Sembako ke Panti Asuhan Muhammadiyah di Desa Sungai Ulak Kecamatan Nalo Tantan, penanggung jawab kegiatan PKK Kabupaten Merangin, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Merangin, Gerakan Cinta Sedekah, IBI dan AISIYAH. 

 

Sedangkan pada Rabu (20/3) dilakukan pembagian nasi kotak dan takjil ke keluarga pasien di Rumah Sakit Umum Kolonel Abundjani Bangko. Turut membagi takjil itu, Pj Bupati Merangin, Kapolres Merangin, Dandim 0420 Sarko, Ketua TP PKK Kabupaten Merangin serta Organisasi Wanita dan Komunitas yang ada di Tim Grebek UMKM Ramadhan 1445 H/2024 M.

 

Selanjutnya apda Kamis (21/3) dilakukan Pembagian Nasi Kotak ke Penghafal Al-Qur’an dan Jompo di Pondok Pesantren Syeikh Maulana Qori Desa Titian Teras Kecamatan Batang Masumai, penanggungjawab TP PKK Kabupaten Merangin, HARPI Melati Merangin, ABM dan Ikatan Keluarga Minang Merangin.

 

Tidak hanya itu, pada Jumat (22/3) dilakukan kegiatan yang sama di Panti Asuhan Raju Sungai Ulak, penanggung jawab Muslimat NU, Fatayyat NU, PPA, IPHI , MAP. Kegiatan ini mendapat respon luar biasa dari anak-anak panti asuhan.

 

Rencananya pada Sabtu (23/3) juga akan dilakukan pembagian Sembako kepada petugas kebersihan dan cleaning servis sebanyak 238 orang, penanggung jawab KPPI, BKMM, Bhayangkari dan Persit.

 

Pada hari terakhir kegiatan Minggu (24/3), rencananya juga akan dilakukan pembagian takjil di depan Kantor Lurah Pasar Atas, penanggungjawab IID, Aliansi Perempuan Merangin dan Badan Kontak Majelis Taklim.

 

Kegiatan yang diharapkan menjadi agenda Tahunan Kabupaten Merangin tersebut, melibatkan sebanyak 26 organisasi wanita dan komunitas yang berada di Kabupaten Merangin. Bhayangkari Cabang Merangin, Persit Kck Cabang Xxvii Dim 0420/Sarko.

 

Selain itu, ada Perisdew Merangin, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Wilayah Merangin, Dharmayukti Karini Cabang Merangin, Dekranasda Kabupaten Merangin, Aisyiyah Merangin, Harpi Melati Merangin, Ppa Lc Bangko dan Akhwat Bergerak Merangin.

 

Tidak hanya itu juga ada, DWP Dinas Kominfo Merangin, Ikatan Keluarga Minang Merangin, Majlis Ta’lim Perempuan Iphi Merangin, Gerakan Cinta Sedekah Merangin, Paguyuban Keluarga Jawa Merangin, Aliansi Perempuan Merangin, Lidi Merangin, DWP Dinas Parpora Merangin.

 

Juga terlibat pada kegiatan Gebek UMKM Ramadhan 1445 H itu, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Merangin, Bundo Kanduang Mm, Ikatan Bidan Indonesia, HPMJ Merangin, Muslimat NU, Herbal Mayopo, BKMT Merangin, DWP Dinas PUPR Merangin.

 

Pj Bupati Merangin H Mukti mengatakan, tujuan kegiatan Grebek UMKM Ramadhan 1445 H/2024 M, pertama mengisi kegiatan Ramadhan dengan berbagi rezeki kepada sesama ummat yang menjalankan puasa.

 

‘’Berbagai rezeki itu terutama untuk para pelaku UMKM, Santri Penghafal Al Qur’an, Jompo, Anak Yatim, Dhuafa dan Masyarakat Merangin yang menjalankan ibadah,’’terang Pj Bupati Merangin.

 

Ketua TP PKK Merangin Dr Hj Indria Mayesti Mukti menambahkan, kegiatan Grebek UMKM Ramadhan itu juga untuk menjalin silaturahmi TP PKK Kabupaten Merangin bersama istri Forkopimda, Organisasi Wanita dan Komunitas di Kabupaten Merangin.

 

‘’Sumber dana/donasi yang diperoleh dalam kegiatan Grebek UMKM Ramadhan 1445 H / 2024 M, berasal dari donatur, baik dari TP PKK dan Organisasi Wanita serta Komunitas yang tergabung dalam kegiatan, maupun diluar kegiatan yang sifatnya tidak mengikat,’’terang Dr Hj Indria Mayesti Mukti. (teguh/kominfo)

Share: