Logo

Wabup Launching SSK Pemkab Merangin

Dipublikasikan oleh admin - 14 September 2023 - 1597 Dilihat
Berita IMG

· Tahap Awal untuk Lima Sekolah, SMP dan SD

 

Bangko-Wabup Merangin Nilwan Yahya melounching Sekolah Siaga Kependudukan (SSK), di Kabupaten Merangin. Acara difokuskan di SMP Negeri 6 Merangin Desa Pinang Merah Kecamatan Pamenang Barat, Kamis (14/9).

 

Untuk tahap awal ditetapkan lima sekolah menjadi SSK. Kelima sekolah itu, SMP Negeri 01, SMP Negeri 31, SMP Negeri 27, Sekolah Dasar (SD) Negeri 01, Sekolah Dasar (SD) Negeri 146 dan Sekolah Dasar (SD) Negeri 211 Merangin.

 

‘’Dengan pendidikan kependudukan diharapkan dapat membentuk murid menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas yang memiliki pengetahuan, pemahaman dan kesadaran serta sikap perilaku yang berwawasan kependudukan,’’ujar Wabup.

 

Bentuk dari pendidikan kependudukan untuk siswa di sekolah itu jelas wabup, digagas dalam bentuk SSK. Secara umum SSK bertujuan memberikan arah dan pedoman bagi penanggungjawab dan pengelola pendidikan.

 

Sedangkan menurut Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PPKB) H Abdaie, pada SSK itu guru berperan dalam melakukan pembinaan melakukan penggarapan program kependudukan, keluarga berencana dan pemberdayaan keluarga.

 

‘’Kita harapkan SSK ini dapat memberikan pemahaman kepada pelajar, untuk memikirkan masa depan mereka. Seperti pemahaman tentang usia pernikahan,’’terang H Abdaie dibenarkan Kadis Dukcapil Merangin H Jaelani.

 

Menikah itu jelas H Andaie, umurnya harus 25 tahun untuk laki-laki dan 21 tahun untuk perempuan. Melalui SSK diharapkan para pelajar dapat menekan angka pernikahan usia muda.

 

Para pelajar dapat berpikir bahwa untuk menikah harus sudah mampu mempunyai penghasilan dan menempuh pendidikan, agar nanti bisa menjadi keluarga yang berkualitas. (teguh/kominfo)

 

Share: