Logo

Tuan Rumah Margo Tabir, Juara Umun MTQ ke-49

Dipublikasikan oleh admin - 17 March 2023 - 1840 Dilihat
Berita IMG

· Setelah Berlangsung Sepekan, Ditutup Gubernur Jambi H Al Haris

 

 

Bangko-Setelah berlangsung selama sepekan pada 10 - 16 Maret 2023, perhelatan akbar Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-49 tingkat Kabupaten Merangin, di Lapangan Kecamatan Margo Tabir, ditutup secara resmi, Kamis malam (16/3).

 

 

Penutupan MTQ ke-49 yang berlangsung meriah tersebut, dilakukan Gubernur Jambi H Al Haris, didampingi Bupati Merangin H Mashuri dan Wabup Nilwan Yahya, serta Ketua DPRD Merangin Herman Effendi besama Wakil ketua Kausari.

 

 

Juara umum MTQ ke-49 tingkat Kabupaten Merangin diraih tuan rumah, Kecamatan Margo Tabir dengan nilai 52, juara kedua Kecamatan Batang Masumai dengan nilai 49 dan juara ketiga Kecamatan Jangkat Timur dengan nilai 46.

 

 

Sedangkan Kecamatan Pamenang Barat dengan nilai 25 harus puas diurutan keempat, juara kelima Kecamatan Bangko Barat dengan nilai 23, juara keenam Kecamatan Tabir Selatan dengan nilai 21.

 

 

Untuk juara ketujuh Kecamatan Bangko dengan nilai 19, juara kedelapan Kecamatan Renah Pembarap dengan nilai 17, juara kesembilan Kematan Tabir dengan nilai 16 dan juara 10 Kecamatan Pamenang Selatan dengan nilai 15.

 

 

‘’Kita hadir diacara penutupan MTQ ini, tidak hanya seremonial belaka, tapi lebih dari itu. kita hadir sebagai bentuk kecintaan kita kepada Al Quran nurkarim,’’ujar Gubernur Jambi pada sambutan acara penutupan MTQ.

 

 

Karena Al quran-lah lanjut gubernur, sampai hari ini manusia bisa hidup tenang dan damai di dunia ini. Manusia bisa beribadah, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 

 

‘’Oleh karena itu. isi kandungan Al Quran perlu kita tebarkan di seluruh seantero Merangin ini, bahkan seantero dunia Islam, maka dari itu saya bangga sekali bahwa peserta yang hadir pada MYQ kali ini jumlahnya sampai ribuan,’’terang H Al Haris.

 

 

Terpisah, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Merangin Nilwan Yahya, yang juga wabup Merangin mengatakan, MTQ merupakan wahana dalam rangka memacu perkembangan tilawah hafalan, tafsir dan pendalamaSn Al Quran.

 

 

‘’Pendalaman Al Quran itu, tidak boleh puas dan berhenti sampai di sini saja, namun ada upaya harus dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan,’’ujar Nilwan Yahya dalam sambutannya.

 

 

Untuk itu lanjut wabup, kegiaatan MTQ yang bersifat kolosal dan sarat dengan syi’ar Islam, agar tetap meneruskan minat dan bakat dalam menggali ilmu Al Quran, sehingga menjadi insan yang unggul, cerdas, agamais dan berakhlakul karimah.

 

 

Untuk pelaksanaan MTQ ke-50 tingkat Kabupaten Merangin pada tahun depan akan dilaksanakan di Kecamatan Jangkat Timur. Bupati Merangin H Mashuri telah menyerahkan Bendera MTQ tersebut kepada Camat Jangkat Timur Afrizal.  (teguh/kominfo)

Share: