Logo

Spektakuler, Pembukaan FPKD di Merangin

Dipublikasikan oleh admin - 17 September 2023 - 1981 Dilihat
Berita IMG

· Dihadiri Tamu-tamu dari Pemerintah Pusat dan Sumatera

 

Bangko - Acara pembukaan Festival Pekan Kebudayaan Daerah (FPKD) yang digelar di halaman depan kantor baru bupati Merangin, berlangsung meriah dan spektakuler, Minggu (17/9).

 

Tidak hanya Karnaval Kostum, Pameran dan Bazaar, acara yang dihadiri Gubenur Jambi H Al Haris, Sekda Provinsi Jambi H Sudirman, tamu dari Pemerintah Pusat, gubernur, bupati/walikota se-Sumatera itu, juga menyajikan berbagai kuliner lokal.

 

‘PKD Kabupaten Merangin 2023 kali ini mengusung tema ‘Geopark Manifesto Art and Edutainment Festival in Collaboration With Pertikawan Regional Sumatera 2023’,’’ujar Bupati Merangin H Mashuri dibenarkan Wabup Nilwan Yahya.

 

Festival PKD yang juga dihadiri Sekda Merangin Fajarman tersebut lanjut bupati, merupakan wujud nyata dari semangat untuk menggali, menghargai dan melestarikan kekayaan budaya, seni dan alam yang dimiliki oleh Kabupaten Merangin.

 

Selain itu jelas bupati, kegiatan itu merupakan wadah yang sempurna untuk mengeksplorasi keindahan alam, mendalaminya melalui seni, serta menggugah semangat kepedulian lingkungan.

 

‘’Kita wujudkan tiga pilar Geopark yaitu edukasi, konservasi dan pemberdayaan masyarakat. Seiring dengan optimisme dengan ditetapkannya Geopark Merangin Jambi menjadi bagian dari Unesco Global Geopark,’’terang Bupati.

 

Merangin Unesco Global Geopark meraih penghargaan terbaik di dunia dalam kategori "best practice award 2023" berkaitan dengan penerapan SDG's yang sangat baik pada masyarakat Desa Rantau Kermas di Maroko beberapa waktu lalu.

 

Terpisah, Wabup Merangin Nilwan Yahya mengatakan, Festival PKD 2023 akan berlangsung dari 07-22 Septembar 2023. Akan digelar berbagai lomba kuliner, seni dan budaya, bazar ekraf, pameran geopark-geopark yang ada di Indonesia.

 

Tidak hanya itu, paling istimewa pada FPKD 2023 adanya kolaborasi dengan Geopark Merangin Jambi dan Pertikawan Regional Sumatera. Juga ada kegiatan Karnaval Kostum dengan tema ‘Geopark’ yang disponsori oleh Pertikawan. Kostum tersebut diperagakan oleh Bujang Upik Merangin dan anggota Drumband Corp Bahana Masurai.

 

Selanjutnya juga akan ada Pertikawan Got Talent, yang diisi oleh peserta Pertikawan dari 10 Provinsi se-Sumatera. ‘’Kita juga menyelenggarakan seminar bertaraf internasional dengan tema ‘Promoting the Best Way to Connect People With World’s Heritages of Geodiversity, Biodiversity, and Cultural Diversity to Prompt Sustainability’,’’jelas Wabup.

 

Seminar Internasional itu menghadirkan narasumber-narasumber hebat yang akan memberikan berbagai informasi dan pengetahuan terkait bagaimana upaya mewujudkan lingkungan berkelanjutan melalui Geopark Merangin Jambi.

 

‘’Alhamdulillah di hari-hari terakhir masa periode kami memimpin Kabupaten Merangin dapat menyuguhkan event besar ini yang akan menjadi agenda kebudayaan tahunan Kabupaten Merangin,’’jelas Wabup.(teguh/kominfo)

 

Share: