Logo

Pj Bupati Buka Pelatihan Pemandu Wisata Telusur Goa

Dipublikasikan oleh admin - 20 November 2023 - 2282 Dilihat
Berita IMG

· Guna Kembangkan Pengelolaan Wisata Alam di Merangin

Bangko-Pj Bupati Merangin H Mukti membuka pelatihan pemandu wisata alam (Wisata Susur Goa-goa), yang digelar Dinas Pemuda dan Pariwisata Merangin di Auditorium Hotel Merangin Syariah, Senin (20/11).

 

Pelatihan tersebut diikuti sebanyak 40 orang peserta dari berbagai kecamatan dalam Kabupaten Merangin. ‘’Alhamdulillah pelatihan ini sangat penting sekali guna menunjang pengelolaan pariwisata kita,’’ujar Pj Bupati Merangin.

 

Dikatakan H Mukti, secara geografis Merangin dianugerahi kekayaan alam dan budaya yang sangat luar biasa jumlah dan keragamannya. Dalam mengembangkan dunia kepariwisataan itu dituntut secara professional dan bertanggungjawab.

 

Salah satu indicator bertanggungjawab tersebut jelas Pj bupati, mewujudkan rasa aman dari setiap wisatawan yang berkunjung di setiap destinasi wisata di Kabupaten Merangin, khususnya wisata susur goa.

 

Kabupaten Merangin memiliki luasan kawasan karst sangat luas, yang membentang di sebagian wilayah Kabupaten Merangin, diantara kawasan tersebut memiliki goa yang telah menjadi kawasan destinasi wisata goa.

 

‘’Ada kawasan Goa Sengering, kawasan Goa Tiangko, kawasan Goa Sengayau di Desa Sungai Pinang, kawasan Goa Kunyit di Desa Baru Nalo Dusun Petekun yang lebih dikenal dengan sebutan Goa Petekun,’’jelas H Mukti.

 

Pelatihan pemandu wisata alam itu menghadirkan tiga orang narasumber, Iqbal Willyanto, Anwarudin dan Aldi Maulana Saputra, semuanya berasal dari Indonesia Speleological Society, yang memiliki kopetensi di bidang penelusuran gua dan wisata goa. (teguh/kominfo)

 

Share: