Logo

Pemkab Merangin Telah Lakukan Delapan Aksi

Dipublikasikan oleh admin - 26 March 2021 - 994 Dilihat
Berita IMG

Bangko - Sejak setahun lalu, Kabupaten Merangin ditetapkan menjadi daerah lokasi fokus penurunan Stunting. Terkait hal tersebut, Pemkab Merangin telah melakukan delapan aksi konvergensi percepatan pencegahan dan penurunan Stunting.

Delapan aksi konvergensi percepatan pencegahan dan penurunan Stunting itu dilakukan secara terintegrasi dengan lintas sektor, baik itu Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, masyarakat, akademisi, BUMN, perusahaan dan pelaku usaha.

‘’Aksi delapan adalah Renview Kinerja tahunan yang dilakukan Pemkab Merangin terhadap kinerja pelaksanaan program dan kegiatan penurunan Stunting selama satu tahun terakhir,’’ujar Bupati melalui Asisten I Setda Merangin H Abd Gani, Jumat (26/3).

Renview Kinerja lanjutnya, dilakukan setelah tahun anggaran berakhir. Idealnya dilakukan pada Januari sampai dengan Februari, sehingga informasi hasil Renview Kinerja dapat dimanfaatkan sebagai masukan untuk proses penyusunan rencanan kegiatan tahun berikutnya.

Renview kinarja dilakukan dengan membandingkan antara rencana dan realisasi program kegiatan dalam hal penyerapan anggaran, capaian output (target kinerja), kerangka waktu penyelesaian dan perumusan tindak lanjut agar target kinerja dapat dicapai pada tahun berikutnya.

‘’Alhamdulillah upaya penurunan Stunting di Kabupaten Merangin, tetap menunjukan hasil yang cukup mengembirakan. Berdasarkan data E-PPBGM per-Agustus 2020 dibandingkan angka 2019, kondisi Stunting di 15 desa lokus 2020 telah mengalami penurunan kasus sebanyak 58,83 persen,’’jelas H Abd Gani.

Selain itu lanjut Asisten I Setda Merangin, pada Agustus 2019 total jumlah balita Stunting di Kabupaten Merangin sebanyak 1.755 jiwa dan pada Agustus 2020 total jumlah balita Stunting adalah 1.096 jiwa.

Dari data itu terang H Abd Gani, terlihat terjadi penurunan sebanyak 659 jiwa pada 2020 atau sama dengan 62,45 persen. Artinya program dan kegiatan intervensi yang telah dilakukan selama satu tahun terakhir, berpengaruh positif dalam upaya pencegahan dan penurunan Stunting di Kabupaten Merangin.(teguh/kominfo)

Share: