Logo

Nilwan Yahya Sebar Benih Ikan di Danau Pauh

Dipublikasikan oleh admin - 16 November 2022 - 1805 Dilihat
Berita IMG

· Bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI

 

 

Bangko-Wabup Merangin Nilwan Yahya menaburkan benih ikan di Danau Pauh, Jangkat. Penaburan benih ikan Nilem, Jelawat dan Semah bantuan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI itu, dalam rangka Hari Krida Pertanian (HKP) ke-50.

 

 

Dikatakan wabup, sangat banyak sekali kegiatan HKP ke-50 tingkat Provinsi Jambi di Jangkat Kabupaten Merangin tersebut, salah satunya menebar benih ikan, yang tidak hanya dilakukan di Danau Pauh, tapi juga di lubuk-lubuk larangan di kawasan Jangkat.

 

 

‘’Kegiatan ini sangat positif sekali dan saya sangat mengapresiasi. Saya minta kepada masyarakat untuk menjaga dan memelihara ribuan benih ikan yang sudah disebar ini dengan baik, sehingga bila sudah besar bisa dipanen bersama,’’ujar Wabup.

 

 

Terpisah, Kadis Perikanan Pemkab Merangin Irsadi menjelaskan, benih ikan Nilem, Jelawat dan Semah, merupakan komoditi budidaya perikanan air tawar yang sangat cocok untuk perairan air tawar di Kabupaten Merangin.

 

 

Pembangunan perikanan saat ini lanjut Irsadi, tidak boleh mengorbankan kepentingan generasi yang akan datang, dalam pengelolaan perikanan berkelanjutan penting menjamin keseimbangan antara kepentingan ekologi, sosial dan ekonomi.

 

 

‘’Saat ini ada kencenderungan terjadinya penangkapan yang berlebihan dan tidak terkontrol terhadap ikan endemik karena bernilai ekonomis tinggi. Untuk itu, keseimbangan itu sangat penting dengan penaburan benih ikan,’’terang Irsadi.

 

 

Terkait hal tersebut, wabup minta penaburan benih ikan itu hendaknya juga dilakukan di kecamatan-kecamatan lainnya, sehingga keseimbangan antara kepentingan ekologi, sosial dan ekonomi di Kabupaten Merangin itu akan terjaga dengan baik. (teguh/kominfo)

Share: