Logo

Nilwan: Kemiskinan Ekstrim Berdampak ke Stunting

Dipublikasikan oleh admin - 20 January 2023 - 298 Dilihat
Berita IMG

· Wabup Monitoring dan Evaluasi Germas, untuk Turunkan Stunting

 

 

Bangko-Wakil Bupati Merangin Nilwan Yahya bersama rombongan, melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan kemiskinan ekstrim di Kecamatan Nalotantan, Jumat (20/1).

 

 

Dikatakan wabup pada acara yang berlangsung di Aula Kantor Camat Nalotantan itu, masih tingginya angka kemiskinan ekstrim di Kecamatan Nalotantan, sangat berdampak pada tingginya angka stunting di kecamatan tersebut.

 

 

‘’Mari bersama kita giatkan lagi program Germas dan program Kabupaten/Kota Sehat (KKS), karena di Kecamatan Nalotantan ini urutan ke empat angka kemiskinan ekstrim tertinggi di Merangin, berdampak pada tingginya angka stunting,’’ujar Wabup.

 

 

Untuk itu wabup minta kepada Camat, para kepala desa, perangkat desa dan ibu-ibu PKK didorong Pemerintah Kabupaten Merangin agar betul-betul bergerak untuk menuuurunkan angka kemiskinan ekstrim ini dan angkat stunting.

 

 

‘’Ada sekitar 414 Kelapa Keluarga (KK) yang anaknya terindikasi stunting di kecamatan ini. Saya sangat prihatin dan akan berjuang semaksimal mungkin menurunkan angka tersebut,’’terang Wabup.

 

 

Nilwan minta Camat dan pada Kades bisa memasukan permasalahan tersebut pada Musrenbang kecamatan, selanjutnya akan diteruskan ke Musrenbang kabupaten, sehingga penurunan angka itu akan semakin terprogram.

 

 

Selain itu wabup minta para kepala desa untuk cepat melapor ke Dukcapil Merangin, bila ada warga yang masuk dalam daftar kemiskinan ekstrim dan stunting, yang meninggal dunia.

 

 

‘’Kita telah melakukan upaya penurunan angka tersebut dengan berbagai program. Tapi kalau kades tidak melapor warga yang meninggal dunia itu, maka angka tersebut semakin tidak akan berubah,’’jelas Wabup.

 

 

Pemerintak Kabupaten Merangin tegas wabup, sudah melaksanakan tiga pilar percepatan penurunan angka kemiskinan ekstrim dan stunting. Ketiga pilar itu, komitmen Permerintah Daerah, pemantuan maupun evaluasi dan konvergemsi program anggaran serta sasaran.

 

 

Turut hadir pada acara itu, Kadis PPKB Merangin H Abdaie, Kadis Sosial Merangin Elvis, Kadis PMD Merangin Andre, utusan dari Dinas Perkim dan Dinas Pendidikan, Wakil Ketua TP PKK Merangin Ny Juniarti Nilwan, Camat Nalotantan Agus Salim dan Ketua TP PKK Nalotantan Ira Susiyanti.

 

 

Acara itu dikuti para pendamping desa, ibu-ibu PKK setempat, kades Baru Nalo, kades Nalo Gedang, kades Danau, kades Aur Berduri, kades Telun, kades Mentawak dan kades Sungai Ulak.(teguh/kominfo)

Share: