Logo

Merangin Peringati HUT ke-73 Satpol PP dan 61 Satlinmas

Dipublikasikan oleh admin - 20 March 2023 - 2030 Dilihat
Berita IMG

· Bertindak Selaku Inspektur Upacara Bupati Merangin H Mashuri

 

Bangko-Kabupaten Merangin memperingati Hari Ulang Tahun ke-73 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan HUT ke-61 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), di halaman kantor lama bupati Merangin, Senin (20/3).

 

 

Tampil sebagai Inspektur upacara, Bupati Merangin H Mashuri. Sebelum membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri RI Muhammad Tito Karnavian, bupati yang berpakaian seragam lengkap Satpol PP memeriksa barisan peserta upacara.

 

 

‘’Peringatan HUT Satpol PP saat ini mengambil tema ’Mewujudkan wilayah tertib dan ramah investasi melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat yang profesional’,’’ujar Bupati.

 

 

Berdasarkan data Kemenko Perekonomian dijelaskan bupati, tingkat inplasi di Indonesia pada 2022 sebesar 5,51 persen, lebih rendah dari perkiraan awal yatu sebesar enam persen. Tingkat inplasi ini masih lebih baik dari negara barat dan negara Eropa.

 

 

Sedangkan untuk pertumbuhan ekonomi sepanjang tahun 2022 cukup impresif mencapai 5,3 persen. Tahun 2023 perekonomian Indonesia optimis cukup baik, namun tetap waspada terhadap ketidakpastian global.

 

 

Hal ini terang bupati, dikarenakan proyeksi ekonomi global melambat tajam, dari 2,9 persen di 2022 menjadi 1,7 persen di 2023 (World Bank, Januari 2023). Kondisi ini merupakan suatu hal yang patut disyukuri besama.

 

 

‘’Mari kita jaga momentum ini karena dunia global saat ini sedang berada dalam fase tidak baik-baik saja. Seluruh negara sedang menghadapi ancaman krisis ekonomi yang tentunya berdampak pada stabilitas kedaulatan suatu negara,’’ajak Bupati.

 

 

Mendagri pada sambutan itu megharapkan para  kepada daerah, baik Gubernur maupun bupati/walikota, untuk melibatkan Satpol PP dan Satlinmas dalam implementasi kebijakan kemudahan investasi  di daerah.

 

 

Selain itu juga diminta Mendagri, untuk memperkuat profesionalitas dan integritas, dengan mempertahankan sikap humanis, agar memberikan kenyamanan bagi masyarakat dan bagi pera pelaku usaha untuk beraktivitas.

 

 

‘’Keputusan pelaku usaha untuk berinvestasi tidak hanya di dasarkan pada nilai keekonomian, akan tetapi atas dasar kenyamanan dan juga kemudahan berusaha,’’terang Bupati.

 

 

Selain itu pada sambutan bupati itu, Mendagri minta dapat manfaatkan kesempatan itu untuk mengkonsolidasikan penyelenggaraan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat di daerah, dalam rangka menghadapi agenda Pemilu 2024, agar tercipta kondisi yang aman, tertib, demokratis dalam  bingkai NKRI.

 

 

Suksesnya pelaksanaan Pemilu ditentukan oleh banyak faktor jelas bupati, diantaranya kesiapan penyelenggara Pemilu, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta kesiapan dari Aparat Keamanan dalam mengantisipasi berbagai macam potensi kerawanan Pemilu.

 

 

Kerawanan yang perlu diwaspadai bersama dalam menghadapi Pemilukada itu antara lain terkait money politik, keamanan, netralitas ASN, isu sarra dan hoax. Diperkukan antisipasi dari semua pihak dalam menghadapi kerawanan tersebut. (teguh/kominfo)

Share: