Logo

Merangin Gelar Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-89

Dipublikasikan oleh admin - 01 November 2017 - 2127 Dilihat
Berita IMG

Bangko-Pemerintah Kabupaten Merangin kemarin (30/10), menggelar upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89. Tampil sebagai Inspektur upacara Bupati Merangin H Al Haris.

Upacara yang dimulai pukul 07.45 Wib itu, diikuti barisan Karang Taruna, Pelajar SMP/MTs, Pelajar SMA/SMK/MA, Pramuka, Korpri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Damkar dan Perhubungan.

Selain itu juga hadir barisan dari Satpol PP, Polri dan TNI. Menariknya upacara tersebut, juga diikuti barisan Bhineka Tunggal Ika, berasal dari puluhan pasang pelajar yang menggunakan busana adat dari berbagai daerah.

Pada upacara yang dihadiri Forkopimda itu, bupati membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrowi. Dikatakan bupati, semua harus bersyukur atas sumbangsih para pemuda Indonesia, yang sudah melahirkan Sumpah Pemuda.

‘’Sudah seharusnya kita menteladani langkah-langkah dan keberanian pemuda Indonesia terdahulu, sehingga mereka mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya,’’ujar Bupati.

Diujung acara dilakukan penyerahan Penghargaan, dimana Pemerintah Republik Indonesia memberikan Penghargaan kepada Bupati Merangin H Al Haris atas nama Pemerintah Kabupaten Merangin.

Penghargaan yang ditandatangani Menteri Keuangan RI  Sri Mulyani Indrawati itu, diberikan atas keberhasilan Pemkab Merangin menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2016, dengan capaian standar tertinggi.

Selain itu juga dilakukan MoU antara Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jambi Kementerian Keuangan Republik Indonesia, dangan Pemerintah Kabupaten Merangin

MoU itu tentang kerjasama dalam hal pertukaran data, peraturan, bimbingan teknis/pelatihan, narasumber dan informasi lainnya terkait dengan perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan negara dan daerah di wilayah Provinsi Jambi.

Sedangkan diakhir upacara juga dilakukan penyerahan hadiah Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Kabupaten Merangin. Untuk tingkat Taman Kanak-kanak (TK), juara pertama TK Pembina 2 Bangko, juara kedua TK Putra III Bangko dan juara ketiga TK Pembina Rantau Panjang Tabir.

Untuk tingkat Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah  (SD/MI) juara pertama SD Negeri 157/VI Bungo Tanjung Pangkalan Jambu,juara kedua SD Negeri 81 / VI Beringin Sanggul Tiangpumpung dan juara ketiga SD Negeri 36 / VI Rantau Panjang Tabir.

Sementara itu untuk tingkat SMP / MTs, juara pertama SMP Negeri 19 Merangin Pamenang, juara kedua SMP Negeri 12 Merangin Pemenang Selatan dan juara ketiga MTs Negeri Rantau Panjang Kecamatan Tabir.

Pada tingkat SMA/SMK/MA, juara pertama  SMA Negeri 8 Merangin Kecamatan Pamenang, juara kedua SMK Negeri I Merangin  Kecamatan Bangko dan juara ketiga SMA Negeri 2 Merangin Kecamatan Tabir. (teguh/humas)

Share: