Logo

Kabupaten Merangin Peringati HLUN ke-28

Dipublikasikan oleh admin - 25 July 2024 - 289 Dilihat
Berita IMG

· Pj Bupati Ajak Masyarakat Lebih Perduli dengan Lansia

 

Bangko - Kabupaten Merangin memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HALUN) ke-28 tahun 2024. Acara dipusatkan di Auditorium rumah dinas bupati Merangin, dihadiri ratusan masyarakat lanjut usia, Kamis (25/7).

 

Pj Bupati Merangin H Mukti yang diwakili Staf Ahli Bupati Merangin bidang politik hukum dan pemerintahan Firdaus menjelaskan, peringatan HALUN ke-28 mengusung tema ’’Lansia Terawat, indonesia bermartaba’’.

 

‘’Lansia merupakan generasi yang telah banyak berkontribusi dalam pembangunan dan kemajuan bangsa. Mereka adalah orang-orang yang telah berjuang, bekerja keras, dan memberikan teladan bagi kita semua,’’ujar Staf Ahli Bupati.

 

Pada peringatan HALUN itu Firdaus menegaskan, hari ini tidak hanya merayakan keberadaan lansia, tetapi juga mengajak semua pihak untuk lebih peduli dan memberikan dukungan yang diperlukan bagi lansia.

 

‘’Setiap lansia pastikan mendapatkan perhatian yang layak, baik dari keluarga, masyarakat, maupun pemerintah. Hargai lansia berarti kita menghargai para orang tua kita,’’terang Firdaus.

 

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Merangin terang Staf Ahli Bupati, pelayanan kesehatan khusus lansia pada 2023 jumlah lansia yang dibina yang mendapat pelayanan kesehatan sebanyak 16.718 jiwa dengan rincian lansia berumur 45-59 tahun sebanyak 5.862 jiwa dan lansia berumur 60-69 tahun sebanyak 7.681 jiwa.

 

Sedangkan lansia berumur 70-79 tahun sebanyak 3.175 jiwa. Jumlah lansia mandiri sebanyak 7.155 jiwa, dimana lansia dengan tingkat kemandirian A sebanyak 6.607 jiwa, lansia dengan tingkat kemandirian B sebanyak 443 jiwa dan lansia dengan tingkat Kemandirian C sebanyak 105 jiwa.

 

‘’Ini belum maksimal tapi kita berupaya bisa maksimal dalam memberikan pelayanan kesehatan khusus bagi lansia sesuai dengan yang tertuang dalam RPD Kabupaten Merangin 2024-2026,’’jelas Firdaus.

 

Diharapkan Firdaus, peringatan HALUN dapat menjadi momentum untuk lebih peduli dan aktif dalam mendukung kesejahteraan lansia. ‘’Mari kita wujudkan Indonesia yang bermartabat dengan memberikan perhatian penuh kepada para lansia kita,’’ajak Staf Ahli Bupati. (teguh/kominfo)

Share: