Logo

H Mukti: Camat Harus Tahu Program-Program Stunting

Dipublikasikan oleh admin - 19 December 2023 - 1164 Dilihat
Berita IMG

· Pj Bupati Merangin Buka Rakor Aksi Intervensi Stunting 2023

 

 Bangko-Sebanyak 24 orang Camat di Kabupaten Merangin harus tahu dan memahami serta menguasai apa-apa saja program untuk mempercepat penurunan angka Stunting di Kabupaten Merangin.

 

Hal tersebut sebagaimana ditegaskan Pj Bupati Merangin H Mukti, saat membuka rakor aksi intervensi Stunting 2023 dan review kinerja tahunan di Aula Bappeda Merangin, Selasa (19/12).

 

‘’Camat merupakan perpanjangan tangan bupati yang bersentuhan langsung ke masyarakat, jadi harus tahu apa-apa saja program stunting, sehigga bisa menjelaskan ke masyarakat yang bertanya,’’ujar Pj Bupati.

 

Program ‘Terabbas’ misalnya jelas bupati, apa maknanya? Terabas akronim dari Temukan Rujukan Dampingi Anak Stunting Bersama Bapak Asuh Stunting). Begitu juga dengan program BAAS?

 

Camat harus paham apa itu BAAS, yang artinya Bapak Asuh Anak Stunting. Diakui Pj bupati untuk mempecepat penurunan angkat stunting dibutuhkan langkah-langkah strategis yang memerlukan keterlibatan lintas sektor.

 

Program tersebut jelas H Mukti, adalah platform keterlibatan pemangku kepentingan secara terstruktur dan terukur dalam percepatan penurunan stunting yang menyasar langsung kepada kelompok sasaran.

 

Dari delapan aksi konvergensi telah dilaksanakan, aksi satu sampai dengan aksi tujuh, selanjutnya aksi delapan adalah kegiatan rakor aksi intervensi Stunting 2023 dan review kinerja tahunan yang sedang berlangsung saat ini.

 

‘’Jadi informasi hasil dari review kinerja tahunan ini nanti dapat dimanfaatkan sebagai masukan untuk proses penyusunan rencana kegiatan tahun berikutnya,’’terang H Mukti dibenerkan Kadis PPKB Merangin H Abdaie.

 

Tampil sebagai pembicara pada rakor tersebut, Melvin Perjuangan Hutabarat Kabid PPM Bappeda Provinsi Jambi, Sekda Merangin Fajarman yang merupakan Ketua TPPS Kabupaten Merangin dan Kadis PPKB Merangin H Abdaie.

 

Dialog yang berlangsung cukup santai diwarnai canda gurau itu, dipandu oleh moderator kondang, Kadis Kesehatan Merangin drg Soni Propesma yang tampil memukau dan terus mengundang tawa.

 

Terpisah, Ketua Panitia pelaksana rakor Ny Misnawati mengatakan, rakor aksi intervensi Stunting 2023 dan review kinerja tahunan diikuti 24 orang camat di Merangin, dari TP PKK Merangin, Dharma Wanita Persatuan, utusan OPD dan sejumlah organisasi.

 

‘’Rakor ini salah satu tujuannya untuk mengukur tingkat kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Merangin dalam pelaksanaan delapan aksi konvergensi percepatan penurunan stunting,’’jelas Ny Misnawati. (teguh/kominfo)

Share: