Logo

Bupati Sampaikan Nota Keuangan RAPBD 2023

Dipublikasikan oleh admin - 17 September 2022 - 1701 Dilihat
Berita IMG

·  Pemulihan Kesehatan dan Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

 

 

Bangko – Bupati Merangin H Mashuri melalui Wabup Nilwan Yahya, menyampaikan nota keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Merangin tahun anggaran 2023, Jumat (16/9).

 

 

Nota keuangan RAPBD 2023 itu, disampaikan wabup pada rapat paripurna DPRD Merangin yang dipimpin Ketua Dewan Herman Effendi didampingi wakil ketua DPRD Merangin H Zaidan Ismail dan Ahmad Kausari.

 

 

Dikatakan wabup pada rapat di Pola Utama Kantor Bupati Merangin itu, nota keuangan yang disampaikan di depan 35 orang anggotan Dewan Merangin tersebut, merupakan  bagian dari proses penyusunan rancangan APBD Kabupaten Merangin tahun anggaran 2023.

 

 

Hal tersebut lanjut wabup, sebagai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 tahun 2022 tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah.

 

 

‘’Semoga Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah yang dihasilkan ini, bermanfaat bagi kita semua,’’ujar Wabup pada sidang paripurna DPRD Merangin, yang dihadiri para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Merangin tersebut.

 

 

Kebijakan umum APBD dan prioritas plafon anggaran sementara APBD tahun anggaran 2023 yang telah disepakati tersebut terang wabup, merupakan penjabaran dari rencana kerja Pemerintah Kabupaten Merangin tahun 2023.

 

 

‘’Kita harapkan RAPBD 2023 ini mampu mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan daerah tahun 2023, sesuai dengan tema pembangunan kita, ‘Pemulihan kesehatan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang insklusif serta berkelanjutan’,’’terang Wabup.

 

 

Aktualitas dari tema dan prioritas pembanguan daerah 2023 tegas wabup, Pemerintah daerah telah menyusun program kegiatan dan sub kegiatan pada seluruh perangkat daerah, dengan menggunakan asumsi yang terukur serta memiliki dasar hukum dalam penganggaran masing-masing sumber pendapatan penggunaan belanja dan penetapan pembiayaan daerah.

 

 

Sedangkan prioritas pembangunan Kabupaten Merangin 2023 lanjut wabup, pertama meningkatkan ekonomi kerakyatan berbasis sumber daya bidang pertanian dan pariwisata, meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan.

 

 

Selanjutnya meningkatkan sumber daya manusia yang berdaya saing dan terakhir meningkatkan infrastruktur pelayanan publik. ‘’Untuk mewujudkan apa yang sudah direncanakan itu, perlu dukungan sepenuhnya Pak Dewan dan semua lapisan masyarakat Merangin,’’pinta Wabup.(teguh/kominfo)

Share: