Logo

Berbagai Kegiatan Akan Warnai Kenduri Swarnabhumi

Dipublikasikan oleh admin - 11 July 2024 - 478 Dilihat
Berita IMG

· Digelar Pada 27 Juli 2024 di Rantau Panjang Tabir

 

Bangko-Berbagai kegiatan kebudayaan dan kuliner akan mewarnai acara Kenduri Swarnabhumi, yang akan digelar secara meriah di Kelurahan Rantau Panjang Kecamatan Tabir pada Sabtu (27/7).

 

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Pj Bupati Merangin H Mukti melalui Asisten I Setda Merangin M Sayuti, usai memimpin jalannya rapat persiapan Kenduri Swarnabhumi, di Auditorium rumah dinas bupati Merangin, Kamis (11/7).

 

‘’Semoga kegiatan Kenduri Swarnabhumi berlangsung sukses. Untuk itu semua pihak harus bahu-membahu bergotong royong terlipbat langsung pada acara yang menjadi hajatan Kabupaten Merangin tersebut,’’ujar Asisten I Setda Merangin.

 

Berbagai kegiatan yang akan dilakukan tersebut, mulai dari beselang bersih kampung, tabur benih ikan, penaman pohon, sampai ke peluncuran gerakan moral GERATIL (Gerakan sadar untuk mengurangi sampah plastik).

 

Selain itu juga akan digelar pertunjukan sastra lisan empat ganjie lima gonop, bursa makanan tradisional, makan benampan di Rumah Tuo, atraksi Bujang Gadis beselang bumbu dan beselang ngukuih, beselang ngangkut padi dan meletakan di bilik padi.

 

Menariknya lagi juga akan ditampilkan gelar seni tari massal yang mengusung tema tentang baselang ngangkut padi. Kegiatan mengangkut padi ini merupakan kegiatan rutin masyarakat Merangin yang terus dilestarikan.

 

Tampak hadir pada rapat persiapan itu, GM Merangin Jambi UGG Dr Agus Zainuddin, anggota DPRD Merangin As'ari Elwakas (Apuk), Kasi Datun Kejari Merangin Buchairi, Pasintel Kodim 0420 Sarko Lettu Inf Limbong dan perwakilan dari Polres Merangin.

 

Hadir juga Kadis Dikbud Merangin Hernizor, Direktur Festival Kenduri Swarnabhumi Syukron Jazila, utusan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Merangin dan camat se-Kabupaten Merangin.

 

Kegiatan Kenduri Swarnabhumi ini diprediksikan bakal menelan dana sebesar Rp 341 juta, yang bersumber dari Kemdikbud sebesar Rp 301 juta dan dari Dikbud Merangin sebesar Rp 40 juta. (teguh/kominfo)

Share: