Logo

Berbagai Jenis Sapi Potong Digemukan

Dipublikasikan oleh admin - 24 June 2020 - 1179 Dilihat
Berita IMG

Bangko - Berbagai jenis sapi potong digemukan di Balai Pembibitan Ternak Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Merangin, yang berada di Desa Pinang Merah Kecamatan Pamenang Barat.

Dikatakan Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Merangin Kaprawi melalui Kepala UPTD Balai Pembibitan Ternak Izral, ada empat jenis sapi yang dikembangkan dan digebukan di Balai Pembibitan Ternak tersebut.

‘’Untuk jenis BC Impor, kita memiliki sebanyak 45 ekor betina yang telah melahirkan sebanyak empat ekor anak sapi jantan dan 19 ekor anak sapi betina. Jenis Brahman ada sebanyak 21 ekor sapi jantan,’’ujar Izral.

Sedangkan untuk jenis Sapi Bali ada sebanyak satu ekor jantan, 17 ekor betina yang telah melahirkan sebanyak tiga anak sapi jantan dan lima ekor anak sapi betina. Jenis PO ada sebanyak 10 ekor sapi betina yang telah melahirkan sebanyak enak anak sapi jantan dan empat ekor anak sapi betina.

Sapi-sapi tersebut dipelihara dengan baik di kawasan Balai yang luasnya mencapai  2,5 hektar. Untuk lokasi kandangnya, jauh dari pemukiman penduduk, tapi dekat dengan lahan rumput, sumber air dan jalur trasportasi.

‘’Kandang sapi kita berbentuk los yang memanjang dengan sistim tunggal, beratap seng, lantai dari semen dengan sirkulasi udara berjalan lancar. Kandang ini telah sesuai dengan standarnya,’’terang Izral didampingi stafnya Ny Wiwik.

Balai Pembibitan Ternak  Merangin sambung Izral, selalu menjadi tempat penelitian bagi para mahasiswa dari Universitas Jambi, Universitas Bungo, Sekolah Peternakan Kerinci dan Sekolah Peternakan Merangin.

‘’Dari Balai Ceteriner Bukit Tinggi Sumbar secara regional juga sering mengambil sampel di Balai Pembibitan Ternak ini. Sejauh ini kita baru menggarap untuk sapi potong, belum ke produksi sapi susu,’’jelas Izral lagi.(teguh/kominfo)

Share: