Logo

Arboretun Akan Jadi Kebun Raya Daerah H Al Haris Gandeng LIPI untuk Wadah Pemelitian

Dipublikasikan oleh admin - 22 November 2019 - 1390 Dilihat
Berita IMG

Bangko-Bapati Merangin H Al Haris berencana merenovasi Objek Wisata Aboretum Rio Alif Dusun Mudo Bangko, menjadi Kebun Raya Daerah yang akan dilengkap dengan berbagai tumbuh-tumbuhan khas Merangin.

Untuk mewujudkan Kebun Raya Daerah yang berkualitas, bupati ‘menggandeng’ kerjasama dengan  Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).  ‘’Arboretum kita luasnya 71,9 hektar, harus dimanfaatkan,’’ujar Bupati.

Sekarang ini lanjut bupati, Arboretum yang lahannya luas itu hanya digunakan sebagai arena road race. Hal ini tentu kurang efektif, karena didalamnya banyak terdapat potensi-potensi lain.

‘’Di dalam Arboretun itu terdapat banyak kayu-kayuan dan tumbuh-tumbuhan yang bagus. Makanya kami mencoba mengajukan kerjasama dengan LIPI, dalam pengelolaan Arboretum menjadi Kebun Raya Daerah,’’terang Bupati.

Nanti LIPI terang bupati, bisa menanfaatkan Kebun Raya Daerah itu, sebagai wadah penelitian. Guna mendalami kerjasama tersebut, bupati akan mengundang pihak LIPI pada peringatan HUT Kabupaten Merangin, 22 Desember mendatang.

Pihak LIPI nanti diajak bupati menikmati berbagai objek wisata alam yang ada di Merangin, termasuk kawasan Geopark Merangin dan arung jeram, malihat atau langsung meneliti kebeadaan Batu Sungkai dan lainnya.

Sementara itu Kepala LIPI Laksana Tri Handoko mengaku sangat kagum, dengan kondisi alam Merangin yang kaya akan objek wisata menarik, bahkan ada taman bumi Geopark Merangin.

 ‘’Tidak ada alasan bagi kami untuk tidak hadir undangan ini. Terus terang saya sangat penasaran dengan Merangin dan sangat ingin sekali kesana,’’ujar Laksana Tri Handoko.(teguh/humas)

Share: